Halaman

Enjoy aja yaaa.... :)

Selasa, 02 Oktober 2012

Biarlah Cinta Memilih

Sebuah lagu yang menceritakan tentang seseorang yang dikhianati pasangannya...
Biarlah Cinta Memilih, semoga akan selalu tetap abadi, sampai akhir khayat nanti...

berikut lirik lagunya....

"Biarlah Cinta Memilih"
Cipt. Eef sq

Biar kujalani
Hidup ini tanpa dirimu
Walau ku tak mampu
Tuk melupakan bayang wajahmu

Biar kuterima
Kesetiaanmu pada dirinya
Biarkanlah cinta memilih
Pada hatinya

Reff
Lupakanlah aku
Tinggalkanlah aku
Pergilah cinta dari hidupku
Selamat tinggal sayang
Selamat tinggal kasih
Aku takkan mungkin bersamamu lagi

Teman-teman mungkin sudah tahu lagu ini ya.. :) terutama yang berdomisili di Karawang dan sekitarnya, lagu ini sempat mengudara di berbagai stasiun radio di Karawang dan kota-kota besar di Indonesia, juga sempat menduduki chart nomor 1 di Radio Gema Proklamasi.

Tidak terasa waktu cepat berlalu, 5 tahun sudah lagu ini malang melintang di jagat musik tanah air, ya walaupun melalui jalur musik indie tetapi alhamdulillah banyak yang merespon positif meskipun ada beberapa yang mencela. Tentunya bagi saya 5 tahun adalah waktu yang cukup lama untuk sebuah band indie yang berodal pas-pasan.

Lagu ini diciptakan kira-kira sekitar bulan Juni 2007, ketika saya masih duduk di bangku SMP, saya mulai mencoba menulis lagu, sebenarnya dari sejak SD pun saya sudah mencoba menulis lagu, namun tidak ada satupun yang berhasil diciptakan.

Lagu "Biarlah Cinta Memilih" terinspirasi dari teman-teman yang suka menciptakan lagu. Ketika itu di sekitar lingkungan rumah saya memang sedang tren bikin grup musik, semua buat group band, tidak terkecuali saya yang ketularan tren itu, banyak teman-teman yang umurnya lebih tua dari saya membawakan lagu ciptaan mereka sendiri disela-sela latihannya di studio musik ataupun di tempat biasa mereka nongkrong. Saya, Ongki, Nacep, Indra, Pitik, dan Akew dengan bandnya yang bernama "The Chonslet"  (ketika masih SMP) sering sekali membawakan lagu-lagu mereka, yang saya masih ingat lagunya itu berjudul "Badut Gendut". Sebuah lagu Rock n Roll yang menceritakan tetang seorang pegawai negeri yang tidak pernah puas memakan uang hasil korupsi. Sekian lama saya membawakan lagu itu, kira-kira dari tahun 2005 sampai 2007. Awal bulan mei saya mulai bertanya-tanya pada diri sendiri "Mereka bisa menciptakan lagu, kenapa saya tidak?" karena pertanyaan itu terus-terusan muncul dipikiran saya, lalu saya mencoba untuk menciptakan lagu sendiri, agar bisa dinyanyikan oleh band saya (The Chonslet). banyak lirik-lirik lagu yang sudah saya buat dan saya mencoba memberanikan diri membuat melodinya. Jadilah lagu berjudul "Biarkan Cinta Memilih"

Seolah-olah saya mendapat ilham dari Allah SWT, ketika saya sedang mendengarkan lagu Anang yang duet sama Krisdayanti (saya lupa judulnya apa) tangan saya langsung gatal-gatal ingin menulis lagu, saya ambil buku dan mulai menulis. Tidak ada hambatan sama sekali, dalam sekejap terciptalah lagu itu, yah memang ketika saya sedang menulis, pikiran saya terkonsentrasi pada lagu dan Video Klip Iwan Fals "Aku Bukan Pilihan" sungguh tidak masuk akal, saya menulis sambil mengengarkan lagu Anang Feat. Krisdayanti, dipikiran saya malah mengalun-alun nada-nada dan terbayang video klip Iwan Fals "Aku Bukan Pilihan" :P alhasil cerita di lagu "Biarkan Cinta Memilih" sama dengan lagu "Aku Bukan Pilihan".

Lagu sudah selesai semua, lirik dan melodinya rampung lalu saya berikan lagu itu ke teman-teman The Chonslet: Indra, Pitik, dan Nacep dengan harapan bisa dinyanyikan yaa walaupun sekedar bisa dinyanyikan disela-sela latihan di studio musik, saya sudah bersyukur banget. Banyak lagu yang saya berikan ke mereka, namun ternyata hanyalah lagu yang berjudul "Temani Langkahku" yang mereka pilih. berhari-hari saya menunggu, berminggu-minggu, berbulan-bulan namun ternyata tak kunjung di buat aransemennya, Saya mencoba untuk tetap bersabar :(

Disela-sela saya bersabar, saya diperkenalkan oleh teman saya (Latif) seorang yang sangat asing bagi saya (Ades) ia ingin membuat band, namun belum ada yang menduduki posisi seorang drummer. Kebetulan saya bisa main drum, Ades menawarkan tawaran, tanpa basa-basi lagi saya langsung meng-iya-kan tawaran itu, dan terbentuklah sebuah band yang bernama Inzicht pada 23 Juni 2007 yang terdiri dari Ades, Gens, Zalal dan saya (Eef). di Inzicht saya kembali memberikan lagu-lagu saya, berharap juga agar bisa dinyanyikan. setelah diberikan ternyata mereka (Ades, Gens, Zalal) sangat tertarik sekali, yang tidak saya sangka-sangka lagi ternyata mereka langsung mengaransemen lagu saya yang berjudul "Biarkan Cinta Memilih". saya senang sekali mengingat masa-masa kelam saya bersama The Chonslet yang menunggu-nunggu hasil aransemen akhirnya terbayar sudah bersama Inzicht.

Seiring berjalannya waktu "Biarkan Cinta Memilih" direnofasi menjadi "Biarlah Cinta Memilih" yang diambil dari sebuah judul FTV yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta nasional di Jakarta ketika tahun 2007 lalu.
"Biarlah Cinta Memilih" sering sekali kita bawakan sela-sela latihan, dan tidak pernah lupa dinyanyikan disela-sela kita main di studio musik.

Singkat cerita.....
Setelah sekian lama saya bergabung bersama Inzicht akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk rekaman..

 Saya masih ingat sekali bagaimana saya dan teman-teman mengumpulkan dana untuk rekaman disebuah studio sederhana di Rengasdengklok yang harganya lumayan mahal bagi seorang pelajar (saya) dan penangguran (teman-teman). Rp3'50.000 demi mengumpulkan dana sebesar itu Saya, Ades, Gens dan Jefry saling membagi tugas. (oya Jefry adalah personil baru dan Zalal memutuskan mengundurkan diri) Ades, Gens dan Jefry ngamen dari kampung ke kampung sememtara saya menjual gitar kesayangan saya yang baru beberapa bulan saya beli, dan sedikit mengemis pada orang tua :P

Namun saya dan teman-teman merasa kebingungan, kira-kira lagu apa yang pantas untuk direkam??? ada beberapa lagu yang rampung waktu itu, diantaranya lagu ciptaan Ades "Benci" dan "Resapi" serta lagu ciptaan saya "Biarlah Cinta Memilih", "Putri" dan "Dirimulah Segalanya", akhirnya saya dan teman-teman dibantu oleh Raden Pamungkas, ia adalah orang media. dan terpilihlah lagu "Biarlah Cinta Memilih" alasan Raden Pamungkas memilih lagu ini karena liriknya simpel, mudah dimengerti walaupun melodinya sedikit mendayu dayu hihi, karena waktu itu sedang tren lagu-lagu melayu, jadi kita ngikutin pasar musik gituu... :P

dan kita rekamanlah lagu itu... kira-kira sekitar seminggu lagu itu rampung, memang kelihatanya lama ya.. mengingat kita rekaman hanya satu lagu, tetapi diselesaikan dalam waktu yang lama, karena apa? karena kita mencicil biaya lagu itu hehe, tidak hanya itu saja dalam take vokal sempat beberapa kali mengalami kendala, diantaranya masih ada nada-nada yang "keceletot" dan kesulitan mengaransemen suara 2.. tetapi walaupun begitu hasilnya Alhamdulillah memuaskan (bagi ukuran saya dan teman-teman yang berpengetahuan musik minimum)

Setelah hasil rekaman lagu sudah ditangan, Raden Pamungkas pun ingin membuat sebuah gebrakan, setiap satu minggu sedikitnya 3 radio Raden singgahi untuk dimasukan single perdana Inzicht "Biarlah Cinta Memilih" agar diputar pada sesi acara-acaranya... tidak kusangka-sangka dalam sebulan hampir semua radio di Karawang sudah memutarkan lagu "Biarlah Cinta Memilih" serta beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dll. (dan lupa lagi) lol :)

Dan untuk pertama kalinya saya, Ades, Gens, dan Jefry diundang untuk mengisi acara Talk Show di Sturada FM, Karawang, semenjak dari sini saya dan teman-teman terus-terusan memperkenalkan "Biarlah Cinta Memilih" secara lebih meluas lagi.

Ini waktu Inzicht main di Bekasi, di acara ultah band rekan sealbum di album kompilasi Karawang Expo 2009.
           
Untuk audionya bisa teman-teman download disini...  
INZICHT - Biarlah Cinta Memilih 
INZICHT - Biarlah Cinta Memilih (Fresh Music Version)

Waktu terus berlalu, perjalanan Biarlah Cinta Memilih pun perlahan meredup, dan sampai pada akhirnya single ini berhenti mengudara dengan rentang waktu yang cukup lama...
           
Namun sekarang ini rencananya saya dan Ades akan membuat project baru, yaitu Ades akan bersolo karier dan saya akan bertugas sebagai eksekutif produsernyai, lagu ini pun mungkin akan mengudara lagi. doakan ya teman-teman, semoga project ini berjalan lancar (amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar